Minggu, 09 Juni 2019

kegunaan drop cam, colums, header & footer, clip art, dan watermark, page border,smart art, footnote, dan coment



Drop cap
Cara Menggunakan Drop Cap - Drop Cap merupakan suatu paragraf yang dimulai dengan hruf yang lebih besar dibandingkan dengan huruf yang dipakai pada keseluruhan paragraf. Umumnya dalam pengetikan artikel, huruf awal dibuat tampak supaya lebih besar dan menarik perhatian pembaca.
Cara Membuat Drop Cap
1.      Sorot huruf yang akan dijadikan drop cap
2.      Klik tab Insert
3.      Pada kelompok Text, klik tool Drop Cap.
4.      Pilih salah satu pilihan berikut :
5.      None, digunakan untuk megembalikan teks ke kondisi awal
6.      Dropped, digunakan untuk mengubah huruf pertama lebih besar berada dalam satu margin dibanding teks yang lainnya.
7.      In margin, digunakan untuk mengubah huruf pertama tercetak lebih besar berada di luar margin.
8.      Jika pilihan yang dipilih adalah Drop Cap Options,
9.      Pada kotak pilihan Position, pilih misal Dropped
10.  Klik OK.

Columns
Columns merupakan pengaturan dalam Microsoft Word untuk membagi dokumen / tulisan menjadi beberapa baris dalam satu halaman. Columns biasanya digunakan pada pembuatan Koran, Majalah dan sebagainya.
Langkah-langkah untuk mengatur Columns di Ms. Word antara lain :
Cara 1 :
1.      Pilih Menu Page Layout – Columns
2.      Pilih Jenis  Columns yang akan anda gunakan,

Cara 2 :
3.      Pilih Menu Page Layout – Columns
4.      Pilih dan Klik More Columns, maka akan muncul Kotak Columns


Hearder dan footer
Fungsi dari Header dan footer yang sederhana yakni sebagai sebuah judul dokumen dan nomor halaman, namun Anda juga mampu membuat header dan footer yang berisi sebuah grafis, beberapa paragraf, dan juga bidang. Anda dapat menggunakan berbeda header atau footer di dalam satu dokumen.
Untuk menambahkan atau menghapus header dan footer, maka anda mampu memahami dan menerapkan langkah – langkah berikut ini:
1)      Klik Menu Insert, => => pilih Header dan Footer. Kemudian secara otomatis Ms Word akan menampilkan toolbar Header dan Footer dan switch digunakan untuk mencetak tampilan tata letak.
2)      Setelah itu maka anda mampu memilih tampilan header atau footer yang sesuai dengan cita-cita anda.
3)      Selain itu anda juga mampu mengedit header dan footer melalui menu edit yang sudah ada tersedia dibawah pilihan desain header atau footer dengan cara meng klik secara ganda atau klik dua kali redup header atau footer untuk beralih secara cepat ke header atau footer.
Setelah berhasil membuat sebuah header atau footer dan mungkin anda berniat untuk menghapus header tersebut, maka anda mampu mengikuti beberapa langkah – langkah berikut.
Berikut yakni langkah – langkah yang mampu anda ikuti untuk menghapus header dan footer :
1.      Langkah pertama yakni arahkan kursor anda ke posisi penyisipan titik di mana anda meletakkan header dan footer di dokumen anda
2.      Setelah itu lihat pada Munu bar, klik Header dan Footer.
3.      Pilih gosip header atau footer yang ingin Anda rasa ingin di hapus, dan kemudian tekan Hapus atau BACKSPACE pada keyboard.
4.      Untuk kembali ke dokumen, klik Tutup di toolbar Header dan Footer , atau mampu juga denga klik dua kali di tempat utama teks dokumen.
Clip art
1)      Pilih Tab Insert.
2)      Klik perintah Clip Art  di kelompok Ilustrasi.
3)      Clip Art di task pane di sebelah kanan.
4)      Masukkan kata kunci dalam Pencarian untuk: bidang yang terkait dengan citra yang Anda ingin untuk memasukkan.
5)      Klik panah drop-down Cari di line.
6)      Pilih media yang di inginkan
7)      Klik panah drop-down
8)      Hapus setiap jenis gambar yang tidak ingin melihat.
9)      Klik Go .
Untuk Insert Clip Art:
1.      Meninjau hasil dari pencarian clip art.
2.      Tempatkan titik penyisipan dalam dokumen di mana Anda ingin memasukkan clip art.
3.      Klik Kiri gambar di task pane. Ini akan muncul dalam dokumen.
4.      ATAU
5.      Klik Kiri panah di sebelah gambar di task pane.
6.      Pilih Sisipkan, Salin, atau pilihan lain pada daftar.
Watermark
bisa dilihat di tampilan Print Layout dan Full Screen Reading. Pada Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark. Page Background
Lakukan hal berikut:
1)      Jika ingin menggunakan watermark yang sudah tersedia di galeri, seperti teks Confidential atau Do Not Copy, klik pada teks tersebut.
2)      Jika ingin membuat teks tersendiri, klik Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark.
3)      Printed Watermark Dialog Box
4)      Klik Text watermark dan lakukan hal berikut:
5)      Klik pada kotak di samping Text, ketik teks yang diinginkan.
6)      Atur format pada Font (tipe font), Size (ukuran), dan Color (warna).
7)      Atur Layout watermark.
8)      Klik OK bila sudah selesai.

Page border
Page border pada microsoft office adalah garis pembatas dari sebuah halaman yang ada di dalam lembar kerja ms word.
langkah-langkah berikut:
1.      Klik page layout pada menu bar
2.      Pada group page background, pilih page border.
3.      Selanjutnya akan muncul menu page border pada jendela borders and shading.
4.      Pada bagian setting, pilih bingkai yang anda inginkan.
5.      None artinya tidak memberikan bingkai pada halaman
6.      Box artinya memberikan bingkai pada seluruh sisi dari sebuah halaman
7.      Shadow artinya memberikan bingkai pada halaman dengan efek bayangan.
8.      3-D artinya memberikan bingkai dengan efek 3-D pada halaman.
9.      Custom artinya membuat bingkai pada sisi tertentu pada sebuah halaman, kita bisa memberikan hanya pada bagian sisi kiri, sisi kanan, bagian bawah maupun bagian atas saja.
10.  Selanjutnya buat pengaturan pada style, color, width dan art.
11.  Style berfungsi untuk mengatur style atau model dari baris border yang akan di gunakan
12.  Color berfungsi untuk memberikan warna dari garis border yang digunakan
13.  Width berfungsi untuk mengatur ketebalan dari garis border.
14.  Art berfungsi untuk memberikan bingkai dengan motif dan model tertentu, misalnya pohon,bintang dan lain lain.
15.  Kemudian buat juga pengaturan pada Apply to:
16.  Whole document berfungsi untuk mengatur bingkai pada semua halaman dalam lembar kerja ms word anda.
17.  This section berfungsi untuk memberikan bingkai pada halaman yang dipilih saja.
18.  This section – First page only berfungsi untuk memberi bingkai di halaman pertama section tertentu.
19.  This section – All except first page berfungsi untuk memberi bingkai pada semua halaman di section tertentu kecuali halaman pertama.
20.  7. Klik OK jika sudah selesai.

Smart art , footnote dan coment
Klik tab Insert, lalu klik menu Smart Art (image), maka akan tampil kotak dialog Choose a SmartArt Graphic.
Pada kotak dialog dialog Choose a SmartArt Graphic, pilih salah satu jenis SmartArt, lalu tekan tombol OK. Perhatikan penjelasan berikut:
1)      All untuk menampilkan semua jenis bagan
2)      List untuk membuat bagan berupa daftar rincian
3)      Process untuk membuat bagan berupa tahapan/ proses
4)      Cycle untuk membuat bagan berupa proses yang terhubung dan berulang
5)      Hirarchy untuk membuat bagan berstruktur
6)      Relationship untuk membuat bagan berupa hubungan
7)      Matrix untuk membuat bagan berupa matrik
8)      Pyramid untuk membuat bagan berupa piramid
9)      Picture untuk membuat bagan yang mengandung gambar
Footnote
1.      Pertama klik references  pada toolbar
2.      insert footnote  lalu klik
3.      maka secara otomatis footnote langsung muncul di bawah lembar kertas kerja
coment
1)      klik review
2)      lalu klik new coment
3)      block terlebih dahulu tulisan yang akan di koment
4)      lalu akan secara otomatis colum comen akan muncul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar