Minggu, 09 Juni 2019


Teknik dan panduan membuat kutipan dengan citation dan daftar pustaka dengan bibliograpy

A.      Membuat kutipan
Pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik tanda-panah-kebawah disebelah kotak Style. Klik nama style yang ingin Anda gunakan pada daftar drop-down yang ditampilkan. Style kutipan yang Anda pilih adalah salah satu faktor dalam menentukan bagian informasi mana yang dibutuhkan ketika Anda menambahkan sumber baru. Namun, Anda bisa memilih style yang lain nantinya, dan Word akan otomatis mengubah format yang diterapkan ke dalam kutipan dan daftar pustaka.

1.       Klik teks pada akhir kalimat atau bagian yang membutuhkan kutipan.
2.       Pada tab References, di grup Citation & Bibliography, klik Insert Citation. Klik Add New Sources pada daftar drop-down yang ditampilkan.
3.       Pada kotak dialog Create Source, klik kotak daftar Type Of Source dan pilih bentuk materi sumber. Field yang ditampilkan dibagian bawah kotak dialog Create Source akan berubah sesuai dengan tipe sumber dan style kutipan.
4.       Ketikkan informasi tentang sumber, lalu klik OK. Kutipan akan muncul pada titik penyisipan didalam dokumen dengan menggunakan style kutipan yang telah digunakan.
5.       Setelah Anda menambahkan sumber, Word akan menambahkannya kedalam galeri pada tombol Insert Citation. Anda bisa memasukkan kutipan untuk sumber yang sama dengan memilihnya dari galeri tersebut.
Cara menambahkan placeholder:
1.       Jika Anda tidak memiliki informasi untuk melengkapi kutipan, pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik Insert Citation. Klik Add New Placeholder pada daftar drop-down yang ditampilkan.
2.       Pada kotak dialog Placeholder Name, ketikkan nama untuk placeholder dan klik OK. Nama placeholder akan ditampilkan pada titik penyisipan di dalam dokumen.

Cara mengatur sumber:
1.       Pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik Manage Sources.
2.       Pada kotak dialog Source Manager, kotak daftar Master List menampilkan semua sumber yang telah Anda buat di dalam komputer, pada semua dokumen yang berisi kutipan, kecuali sumber yang telah Anda hapus. Kotak daftar Current List menampilkan sumber yang dikutip pada dokumen yang sedang dibuka, sumber yang tidak dikutip yang tersedia pada galeri Insert Citation, dan semua placeholder yang ada pada dokumen. Setelah Anda klik sebuah entry pada Master List atau Current List, Anda bisa melakukan hal berikut:
3.       Klik tombol Copy untuk menyalin sumber ke daftar di sebelahnya.
4.       Klik tombol Delete untuk menghapus sumber dari daftar.
5.       Klik tombol Edit untuk mengubah informasi sumber.
6.       Preview yang ada di bawah kotak dialog Source Manager menunjukkan format sumber sebagai entry kutipan dan daftar isi yang menggunakan style kutipan yang dipakai saat itu.
7.       Jika Anda ingin membuat sumber baru tanpa menambahkan kutipan pada teks dokumen, klik tombol New. Lengkapi entry pada kotak dialog Create Source, lalu klik OK. Kutipan akan ditambahkan di kedua daftar pada kotak dialog Source Manager.
8.       Jika Anda ingin mengurutkan daftar, klik kotak Sort dan pilih field untuk mengurutkan.
9.       Klik tombol Close.

Cara memasukkan daftar pustaka (Bibliography):
1.       Klik pada dokumen lokasi dimana Anda ingin membuat daftar pustaka.
2.       Pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik Bibliography. Klik salah satu entry pada galeri yang ditampilkan, atau klik Insert Bibliography pada bagian bawah galeri. Semua entry pada galeri adalah sama kecuali judulnya. Mereka akan melampirkan daftar pustaka pada Content Control, yang memungkinkan Anda untuk mengupdate daftar pustaka dengan cara klik pada tag-nya. Item pada Insert Bibliography akan memasukkan daftar pustaka tanpa judul atau Content Control.
3.       Jika Anda berencana untuk mengirimkan dokumen ke publikasi yang berbeda, Anda mungkin memerlukan untuk mengubah style kutipan ke bentuk standar. Pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik kotak Style dan pilih style baru. Word 2013 akan secara otomatis memformat ulang semua kutipan dan daftar pustaka sesuai dengan style baru.

kegunaan drop cam, colums, header & footer, clip art, dan watermark, page border,smart art, footnote, dan coment



Drop cap
Cara Menggunakan Drop Cap - Drop Cap merupakan suatu paragraf yang dimulai dengan hruf yang lebih besar dibandingkan dengan huruf yang dipakai pada keseluruhan paragraf. Umumnya dalam pengetikan artikel, huruf awal dibuat tampak supaya lebih besar dan menarik perhatian pembaca.
Cara Membuat Drop Cap
1.      Sorot huruf yang akan dijadikan drop cap
2.      Klik tab Insert
3.      Pada kelompok Text, klik tool Drop Cap.
4.      Pilih salah satu pilihan berikut :
5.      None, digunakan untuk megembalikan teks ke kondisi awal
6.      Dropped, digunakan untuk mengubah huruf pertama lebih besar berada dalam satu margin dibanding teks yang lainnya.
7.      In margin, digunakan untuk mengubah huruf pertama tercetak lebih besar berada di luar margin.
8.      Jika pilihan yang dipilih adalah Drop Cap Options,
9.      Pada kotak pilihan Position, pilih misal Dropped
10.  Klik OK.

Columns
Columns merupakan pengaturan dalam Microsoft Word untuk membagi dokumen / tulisan menjadi beberapa baris dalam satu halaman. Columns biasanya digunakan pada pembuatan Koran, Majalah dan sebagainya.
Langkah-langkah untuk mengatur Columns di Ms. Word antara lain :
Cara 1 :
1.      Pilih Menu Page Layout – Columns
2.      Pilih Jenis  Columns yang akan anda gunakan,

Cara 2 :
3.      Pilih Menu Page Layout – Columns
4.      Pilih dan Klik More Columns, maka akan muncul Kotak Columns


Hearder dan footer
Fungsi dari Header dan footer yang sederhana yakni sebagai sebuah judul dokumen dan nomor halaman, namun Anda juga mampu membuat header dan footer yang berisi sebuah grafis, beberapa paragraf, dan juga bidang. Anda dapat menggunakan berbeda header atau footer di dalam satu dokumen.
Untuk menambahkan atau menghapus header dan footer, maka anda mampu memahami dan menerapkan langkah – langkah berikut ini:
1)      Klik Menu Insert, => => pilih Header dan Footer. Kemudian secara otomatis Ms Word akan menampilkan toolbar Header dan Footer dan switch digunakan untuk mencetak tampilan tata letak.
2)      Setelah itu maka anda mampu memilih tampilan header atau footer yang sesuai dengan cita-cita anda.
3)      Selain itu anda juga mampu mengedit header dan footer melalui menu edit yang sudah ada tersedia dibawah pilihan desain header atau footer dengan cara meng klik secara ganda atau klik dua kali redup header atau footer untuk beralih secara cepat ke header atau footer.
Setelah berhasil membuat sebuah header atau footer dan mungkin anda berniat untuk menghapus header tersebut, maka anda mampu mengikuti beberapa langkah – langkah berikut.
Berikut yakni langkah – langkah yang mampu anda ikuti untuk menghapus header dan footer :
1.      Langkah pertama yakni arahkan kursor anda ke posisi penyisipan titik di mana anda meletakkan header dan footer di dokumen anda
2.      Setelah itu lihat pada Munu bar, klik Header dan Footer.
3.      Pilih gosip header atau footer yang ingin Anda rasa ingin di hapus, dan kemudian tekan Hapus atau BACKSPACE pada keyboard.
4.      Untuk kembali ke dokumen, klik Tutup di toolbar Header dan Footer , atau mampu juga denga klik dua kali di tempat utama teks dokumen.
Clip art
1)      Pilih Tab Insert.
2)      Klik perintah Clip Art  di kelompok Ilustrasi.
3)      Clip Art di task pane di sebelah kanan.
4)      Masukkan kata kunci dalam Pencarian untuk: bidang yang terkait dengan citra yang Anda ingin untuk memasukkan.
5)      Klik panah drop-down Cari di line.
6)      Pilih media yang di inginkan
7)      Klik panah drop-down
8)      Hapus setiap jenis gambar yang tidak ingin melihat.
9)      Klik Go .
Untuk Insert Clip Art:
1.      Meninjau hasil dari pencarian clip art.
2.      Tempatkan titik penyisipan dalam dokumen di mana Anda ingin memasukkan clip art.
3.      Klik Kiri gambar di task pane. Ini akan muncul dalam dokumen.
4.      ATAU
5.      Klik Kiri panah di sebelah gambar di task pane.
6.      Pilih Sisipkan, Salin, atau pilihan lain pada daftar.
Watermark
bisa dilihat di tampilan Print Layout dan Full Screen Reading. Pada Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark. Page Background
Lakukan hal berikut:
1)      Jika ingin menggunakan watermark yang sudah tersedia di galeri, seperti teks Confidential atau Do Not Copy, klik pada teks tersebut.
2)      Jika ingin membuat teks tersendiri, klik Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark.
3)      Printed Watermark Dialog Box
4)      Klik Text watermark dan lakukan hal berikut:
5)      Klik pada kotak di samping Text, ketik teks yang diinginkan.
6)      Atur format pada Font (tipe font), Size (ukuran), dan Color (warna).
7)      Atur Layout watermark.
8)      Klik OK bila sudah selesai.

Page border
Page border pada microsoft office adalah garis pembatas dari sebuah halaman yang ada di dalam lembar kerja ms word.
langkah-langkah berikut:
1.      Klik page layout pada menu bar
2.      Pada group page background, pilih page border.
3.      Selanjutnya akan muncul menu page border pada jendela borders and shading.
4.      Pada bagian setting, pilih bingkai yang anda inginkan.
5.      None artinya tidak memberikan bingkai pada halaman
6.      Box artinya memberikan bingkai pada seluruh sisi dari sebuah halaman
7.      Shadow artinya memberikan bingkai pada halaman dengan efek bayangan.
8.      3-D artinya memberikan bingkai dengan efek 3-D pada halaman.
9.      Custom artinya membuat bingkai pada sisi tertentu pada sebuah halaman, kita bisa memberikan hanya pada bagian sisi kiri, sisi kanan, bagian bawah maupun bagian atas saja.
10.  Selanjutnya buat pengaturan pada style, color, width dan art.
11.  Style berfungsi untuk mengatur style atau model dari baris border yang akan di gunakan
12.  Color berfungsi untuk memberikan warna dari garis border yang digunakan
13.  Width berfungsi untuk mengatur ketebalan dari garis border.
14.  Art berfungsi untuk memberikan bingkai dengan motif dan model tertentu, misalnya pohon,bintang dan lain lain.
15.  Kemudian buat juga pengaturan pada Apply to:
16.  Whole document berfungsi untuk mengatur bingkai pada semua halaman dalam lembar kerja ms word anda.
17.  This section berfungsi untuk memberikan bingkai pada halaman yang dipilih saja.
18.  This section – First page only berfungsi untuk memberi bingkai di halaman pertama section tertentu.
19.  This section – All except first page berfungsi untuk memberi bingkai pada semua halaman di section tertentu kecuali halaman pertama.
20.  7. Klik OK jika sudah selesai.

Smart art , footnote dan coment
Klik tab Insert, lalu klik menu Smart Art (image), maka akan tampil kotak dialog Choose a SmartArt Graphic.
Pada kotak dialog dialog Choose a SmartArt Graphic, pilih salah satu jenis SmartArt, lalu tekan tombol OK. Perhatikan penjelasan berikut:
1)      All untuk menampilkan semua jenis bagan
2)      List untuk membuat bagan berupa daftar rincian
3)      Process untuk membuat bagan berupa tahapan/ proses
4)      Cycle untuk membuat bagan berupa proses yang terhubung dan berulang
5)      Hirarchy untuk membuat bagan berstruktur
6)      Relationship untuk membuat bagan berupa hubungan
7)      Matrix untuk membuat bagan berupa matrik
8)      Pyramid untuk membuat bagan berupa piramid
9)      Picture untuk membuat bagan yang mengandung gambar
Footnote
1.      Pertama klik references  pada toolbar
2.      insert footnote  lalu klik
3.      maka secara otomatis footnote langsung muncul di bawah lembar kertas kerja
coment
1)      klik review
2)      lalu klik new coment
3)      block terlebih dahulu tulisan yang akan di koment
4)      lalu akan secara otomatis colum comen akan muncul

teknik serta panduan membuat daftar isi denganmultilevel list

1.  nyalakan Ms. Word atau file yang ingin diberi penomoran
2. untuk langkah kedua silahkan berikan nomor pada file dengan cara klik dan pilih format penulisan angka pada menu Home atau disebut juga multilevel list dan juga kita dapat memberi format penulisan angka yang lebih dari satu (1.1, 1.2, 1.1.1, 1.1.2) dengan cara pada menu hometerdapat pilihan jenis tulisan atau heading 1, 2, dst. silahkan di klik kanan.
3. setelah klik kanan pilih modify
4. pada pojok kiri bawah kotak dialog modify terdapat menu format kemudian pilih numbering
5.  langkah berikutnya silahkan memilih bentuk penulisan nomor urut
6. kemudian pada bagian bawah kotak dialog klik devine new number format
7. pada number style silahkan ditentukan bentuk penulisan nomer
8.  pada number format kita bisa menentukan bagian mana yang kita inginkan agar urutan angka berubah mengikuti ururan, bila diinginkan untuk nomer belakang yang berubah maka silahkan masukan angka pada format number kemudian pilih number style (bagi angka yang akan berubah akan di blok/ditandai)
9. silahkan pilih ok pada ketiga lembar kotak dialog
10. blok tulisan yang ingin kita beri nomer kemudian klik pada format heading yang sudah kita ubah pada poin 3 sampai 9

cara menggunakan fasilitas mail merge


Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat surat masal pada Mail Marge , sebagai berikut :
  1.   Buat template surat yang akan dibuat surat masal
  2.   Klik menu mailings pada menu bar, selanjutnya pilih select recipient pada group start mail merge.
  3.    Pada popup menu, pilih Type New List.
  4. Selanjutnya akan muncul jendela new address list, klik customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang buat.
  5. Hapus data yang ada pada field name , kemudian ganti nama field sesuai dengan data pada surat . Jika ingin menghapus field name, usahakan dari bawah ke atas untuk memudahkan menghapus data field.
  6.  Selanjutnya klik OK dan pilih OK lagi pada jendela new address list. kemudian akan dibawa pada folder dimana database akan disimpan. Kemudian beri nama data base Tersebut dan simpan.
  7.  Selanjutnya, buka folder dimana database tersimpan. Database yang tersimpan biasanya mempunyai format access.
  8. Isi database sesuai yang inginkan dan simpan.
  9.  Buka lembar kerja ms word , dan klik preview result untuk melihat hasilnya.


kegunaan dan fungsi dai tombol keyboard


Kegunaan dan fungsi keyboard
Kegunaan keyboar adalah suatu biasa di lakukan sehari-hari baik di rumah mauun di kator, selain merupan kalah satu peralatan atau perangkat kerans yang menunjang membantunya kegiatan user dalam mengoprasikan komputer  juga beguna sebagai input device, atau yang membatu user memberikan dan memasukkan perintagg agar dapat di jalankan dengan baik oleh seluruh komputer .
                 Selain itu juga keyboar juga memliki fungsi untuk meringankan kerja user dalam beberapa hal  seperti:  ctrl +  s untuk menyimpan data, dan ctrl + N  untuk mebuat lembar baru , serta ctrl + v untuk paste. Dan masih banyak lagi yang lainnya

pengenalan hardware, software, brainware



1.       HARDWARE
Sering juga di sebut dengan perangkat keras dlam suatu sisstem komputer yang merupakan suatu  komponenn yabg secara fisik dapat dilihat  satu kesatuan sehingga dapat di ungsikan  yaitu : 
1)       Keyboard
2)      Mouse
3)      CPU
4)      Monitor
5)      Printer
6)      Speaker 

2.       SOFTWARE
Sering juga di sebut dengan perangkat lunak yaitu suatu program yang berisi suatu instruksi  atau perintah .

3.       BRAINWARE
Yaitu suatu pemakaian komputer atau orang mengoprasikan atau juga yang menjalankan komputer adapun istilah lain yaitu (user) atau pemakai komputer terbagi menjadi  tiga tingkatan yaitu :
1)      Sistem analisis
2)      Programer
3)      Operator

sejarah dan generasi komputer

   Komputer generasi pertama ysitu di kenal dengan digital  elektonik atau bisa di sebut dengan ENIAC (elektronik Numerical integrator and caculator)merupakan salah satu yang di gunakan sebagai kebutuhan umu. Program ENIAC  sudah di rancang pada 1942, Dan baru mulai di kerjakan pada tahun 1943 oleh Jhon W. Mauchly di Moore school of Electronical engineering  dan selesai pada tahun 1946.  bentuk  program ENIAC berukuran sangat besar  dalam penempatan program tersebut membutuhkan tabung  tambung hampa udara,  serta 75.000 relay dan saklar 10.000  kapasitor  ketika mulai di opreasikan,ENIAC  membutuhkan daya listrik  yang sangat besar yaitu  140 kiliwatt  dengan berat mesin lebih dari 30 ton, dan sangat memakan banyak ruang 167mz. perangkat lunak komputer yang  pertama kali desain pesawat dan peluru kendali. salah satu ilmuan yang mengerjakan konsep pengembangan tersebut ialah konrad zuse, seorang seorang insinyur berasal dari jerman. ciri-ciri generasi  pertama: 
  1. ukuran fisik hadware komputer  lebih besar, memerlukan ruang yang luas 
  1. instruksi  operasi di buat secara spesipik untuk tugas tertentu 
  1. programnya hanya bisa di buat menggunakan bahas mesin 
  1.  komputer mempunyai silinder magetik untuk menyimpan data 
  1. menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk 
  1. membutuhkan  daya listrik yang besar
  1. dll  
generasi kedua
perubahan dalam generasi sangat penting telah terjadi di generasi kedua  yaitu trasisitor, alat canggih yang mampu memaksimalkan kinerja  komputer hanya dengan  ukuran yang  sangat kecil  penemuan alat  pada gere kedua, dengan cepat  pada 1959-1960an para  ilmuan memulai menganggap komputer generasi ke dua

Komputer generasi ketiga   
p   perkembangan yang melalui tahap yang sangat pesat dari perkembangan yang komputerr yang ada. Generasi komputer tiga muncul sejak era  1964-1970an. Dalam penggunaannya, transisor  menjadikab kinerja komputer lebih  cepat panas sehingga membuat komputer generasi kedua mulai di tinggalkan. Kemudian salah satu seorang ilmuan bernamma Jack Billy, mencoba kembali melakukan penelitian kemudian pada tahun 1958, dia telah menciptakan komponenen yang lebih canggih lagi, di bandingkan dengan  transisor yang membuat komputer cepat panas.

 Komputer generasi ke empat 
Generasi ke generasi ke tiga perdanya bahwa ic pada komputer generasi ke empat lebih kompleks dan terintegrasi di bandingkan dengan generasi  sebelumnya  yaitu dengan si ke tiga. LSI merupakan sekumpulan pemadatan beribu-ribu IC yang di jadikan satu pada sebuah kepin ic  yang bisa kita sebut denga Chip
. Komputer generasi ke lima 
Perkembangan berbagai vendor elektronik komputer generasi ke generasi kelima  serin di sebut dengan komputer masa depan.  Pada perkembangan selanjutnya akan banyak perubahan besar terjadi, bahwa sejak IBM-PC di perkenalkan dan bukan satu-satunya manufaktor PC- conpatible.Ciri komputer generasi kelima
1.       1Masih menggunakan teknologi LSI  yang tentu saja memiliki banyak perkembangan
2.       Fitur-fitur yang semakin banyak
3.       Pemprosesan informasi yang jauh lebih cepat